Langit malam Astronomi


Tidak peduli seberapa jauh Anda berada dalam kecanggihan Anda sebagai astronom amatir, selalu ada satu momen mendasar yang kita semua kaji kembali. Itulah saat pertama kami pergi ke tempat di mana Anda dapat benar-benar melihat kosmos dengan baik dan mengambil di langit malam.
 Bagi penduduk kota, ini adalah wahyu yang mendalam seperti jika kita menemukan alien yang hidup di antara kita.
Sebagian besar dari kita tidak tahu panorama lampu yang luas yang menandai langit malam yang cerah ketika tidak ada lampu kota yang mengganggu pemandangan.
Tentu saja kita semua menyukai pengalaman yang ditingkatkan untuk mempelajari langit menggunakan teropong dan berbagai ukuran dan kekuatan teleskop.
Tapi saya yakin Anda dapat mengingat sebagai seorang anak yang pertama kali Anda melihat langit malam yang jernih ditampilkan dengan semua rasi bintang yang menakjubkan, meter dan komet bergerak dan paparan titik-titik cahaya yang jauh ke banyak hal untuk dihitung. Cara terbaik untuk menangkap kembali keajaiban saat itu adalah pergi ke luar negeri dengan anak Anda sendiri atau orang yang belum pernah memiliki pengalaman ini dan berada di sana pada saat itu ketika mereka menatap dan mengatakan kata yang sangat kuat itu adalah hanya satu yang bisa merangkum perasaan yang mereka miliki saat melihat langit yang indah itu. Kata itu adalah - "Wow". Mungkin fakta yang paling fenomenal tentang apa yang dilihat anak itu juga merupakan hal yang paling sulit untuk mereka pahami adalah dahsyatnya apa yang ada di atas mereka dan apa yang diwakilinya.
Fakta bahwa hampir pasti, hampir setiap titik di sana di langit adalah bintang atau benda langit lain yang jauh lebih besar dari Bumi itu sendiri, bukan dua atau sepuluh kali tetapi dengan faktor ratusan dan ribuan, dapat menjadi ide yang memukau untuk anak-anak. Anak-anak memiliki cukup kesulitan membayangkan ukuran bumi itu sendiri, apalagi sesuatu pada lingkup yang luas seperti ruang angkasa.
Tetapi ketika berbicara tentang astronomi, kita melakukan yang lebih baik ketika kita jatuh ke dalam tingkat kekaguman yang semakin dalam pada apa yang kita lihat di langit malam. Beberapa fakta menakjubkan tentang apa yang dilihat anak-anak dapat menambah tonjolan angsa yang sudah mereka miliki ketika mereka menatap mata ke atas.
Fakta seperti ... * Matahari kita adalah bagian dari galaksi besar yang disebut Bimasakti yang terdiri dari seratus miliar bintang seperti itu atau lebih besar. Tunjukkan pada mereka bahwa seratus miliar adalah 100.000.000.000 dan Anda akan melihat beberapa rahang jatuh pasti. * Susu adalah hanya satu dari puluhan miliar galaksi yang masing-masing memiliki miliaran bintang di dalamnya.
Faktanya, Bima Sakti adalah salah satu galaksi kecil. * Jika Anda ingin berkendara melintasi Bima Sakti, Anda akan membutuhkan 100.000 tahun. Tapi Anda tidak bisa sampai di sana mengendarai batas kecepatan.
Anda harus mengendarai lima triliun, delapan ratus juta mil per tahun untuk mencapai yang secepat itu. * Para ilmuwan menghitung bahwa Bima Sakti berusia 14 miliar tahun. Fakta-fakta kecil yang menyenangkan ini harus mendapatkan diskusi yang cukup bersemangat tentang asal usul alam semesta dan tentang kemungkinan perjalanan ruang angkasa atau jika ada kehidupan di planet lain.
 Anda dapat menantang anak-anak untuk menghitung bahwa jika setiap bintang di Bima Sakti mendukung sembilan planet dan jika hanya satu dari mereka yang layak huni seperti bumi, bagaimana kemungkinan kehidupan di salah satu dari mereka? Saya pikir Anda akan melihat kegembiraan asli ketika mereka mencoba untuk menjalankan angka-angka itu.
Diskusi semacam itu bisa menyenangkan, mengasyikkan, dan penuh pertanyaan. Jangan terlalu terburu-buru untuk menutup imajinasi mereka karena ini adalah kelahiran cinta astronomi seumur hidup yang mereka alami.
Dan jika Anda berada di sana pada saat pertama ketika mereka melihat langit malam itu, Anda akan mengalami kembali momen hebat Anda sendiri ketika Anda masih kecil. Dan itu mungkin memicu kegembiraan yang sama sekali baru tentang astronomi dalam diri Anda lagi.
Tags

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top