6 Tips Cara Menggunakan Google Maps Dan Trik Yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Google Maps untuk Android telah banyak berubah belakangan ini. Raksasa Pencarian telah meningkatkan standar dengan lebih banyak fitur seperti peta offline, akurasi lalu lintas waktu nyata, perencanaan rute yang lebih baik, dan banyak lagi. 

6 Tips Cara Menggunakan Google Maps  Dan Trik Yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Sebagian besar dari kita mengandalkan Google Maps untuk mendapatkan navigasi belokan demi belokan, lalu lintas jalan raya, waktu mengemudi, dan informasi lain semacam itu untuk bernavigasi lebih cepat dan lebih mudah setiap hari. 

Tetapi ada begitu banyak hal tersembunyi di dalam Maps yang mungkin tidak Anda ketahui. Kami telah mencoba membuat daftar beberapa fitur yang dapat membuat perjalanan sehari-hari Anda jauh lebih nyaman daripada yang pernah Anda bayangkan.

1. Gunakan perintah suara sederhana untuk Menavigasi secara langsung

Mencari alamat di Google dan kemudian memilih Maps untuk dinavigasi membutuhkan sedikit usaha ekstra dan tidak berguna saat Anda mengemudi. Jadi inilah sedikit tip.

6 Tips Cara Menggunakan Google Maps  Dan Trik Yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Daripada mencari Tempat secara manual untuk mendapatkan petunjuk arah, Anda sebaiknya mengetuk ikon mikrofon di aplikasi Google (alias aplikasi Google Penelusuran) dan kemudian menggunakan perintah suara "Navigasi ke (Nama tempat)". 

Ini tidak hanya akan mencari tempat itu untuk Anda, tetapi juga membuka aplikasi Maps untuk memulai navigasi secara langsung.

Jika perangkat Anda berfungsi dengan perintah 'Ok Google', ucapkan saja frasa 'Navigasi' setelahnya. Meskipun sebagian dari Anda mungkin sudah mengetahuinya, namun masih sedikit yang menggunakan metode tradisional yaitu mencari terlebih dahulu lalu menavigasi.

2. Temukan 'Chole Bhature' atau 'Butter Chicken' di dekat Anda?

Fitur 'Tempat Terdekat' di Google Maps ini berguna saat Anda berada di tempat baru dan tidak mengetahui apa pun di sekitarnya. 

Yang perlu Anda lakukan hanyalah membuka Google Maps dan mengetuk bilah Pencarian. Di sini Anda akan melihat bahwa Google sudah memiliki daftar kategori untuk dipilih – Restoran, SPBU, ATM, Kimiawan, Hotel, dan lainnya.

Tetapi jika Anda ingin menemukan sesuatu yang lain dan benda itu bukan dari kategori tersebut maka Anda cukup mencari dengan nama umum seperti Ayam, Chole Kulche, Chole Bhature, Stasiun Pengisian CNG dll.


3. Fitur 'Mulai Mengemudi' di aplikasi Google Maps

Fitur 'Mulai Mengemudi' memberi Anda pandangan sekilas tentang lalu lintas di dekat Anda. Perintah sederhana – “Ok Google, Mulai Mengemudi” – membawa Anda langsung ke aplikasi dan selesai. Di sini Anda dapat menindaklanjuti dengan perintah suara lain untuk menambahkan tujuan. Setelah Anda berada di aplikasi, Anda dapat kembali menindaklanjuti dengan perintah tambahan yang mengatakan "Ok Google, Navigasi ke X".



Terkadang Google mengambil tujuan Anda yang paling sering secara otomatis, tetapi Anda dapat membatalkannya dan dapat menyimpan Maps dalam mode berkendara.

4. 'Tambahkan Berhenti' ke rute Anda yang sudah ada

Jika Anda mengemudi ke suatu tujuan tetapi tiba-tiba memutuskan untuk berhenti di suatu tempat di antaranya atau ingin mengarahkan rute ke tempat lain dalam perjalanan, maka yang perlu Anda lakukan hanyalah mengetuk tiga titik di sudut kanan atas pada petunjuk arah. layar, di mana Anda meletakkan awal dan tujuan dan kemudian pilih 'Tambah Berhenti' di menu.


Ini bahkan memungkinkan Anda untuk menambahkan beberapa pemberhentian, tetapi pastikan Anda menekan lama pada Stop A, B, C untuk bergerak ke atas dan ke bawah sesuai urutan preferensi Anda.

– Gunakan metode suara untuk ‘Tambah Berhenti’ –
Ini adalah metode yang sedikit mengganggu jika Anda berada di layar Navigasi, jadi untuk itu Anda dapat mengetuk simbol mic di sudut kanan atas atau jika ponsel Anda mendukung perintah 'Ok, Google' kemudian minta Google untuk mencari tempat tertentu dan itu akan menunjukkan hasil di jalan. Sekarang setelah Anda mengetuk hasil tertentu, peta menambahkannya sebagai perhentian di rute yang ada.


5. Cari tempat yang pernah kamu kunjungi

Jika Anda tidak ingat ke mana Anda pergi terakhir kali, Google mungkin telah menyimpan lokasi itu untuk Anda di aplikasi Google Maps. 

Anda dapat menemukan kembali lokasi dan tempat yang telah Anda kunjungi dari 'Garis waktu Anda' yang terletak di menu geser ke kiri dan memiliki semua informasi yang disimpan dari masa lalu, berdasarkan Riwayat Lokasi Anda. Anda cukup mengetuk ikon Kalender di sudut kanan atas untuk melihatnya untuk tanggal tertentu juga.

6. Tandai/ Label Rumah, Kantor, alamat Rapat Anda, dan lainnya

Jika Anda sering menggunakan Google Maps, maka fitur ini wajib dimiliki oleh para pelancong yang sering bepergian. Google Maps memungkinkan Anda untuk 'Memberi Label' suatu tempat dengan nama tertentu (Rumah atau Kantor) dan sekarang jika nanti Anda perlu menavigasi ke tempat itu dari mana saja, gunakan saja Langkah 1 di atas dan ganti nama tempat dengan nama yang disimpan .




#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top