Cara Membuat Situs Blogger Agar Menarik Pengunjung : 7 tips untuk Menyesuaikan Blogger

Apakah Anda seorang blogger yang ingin membuat blog Anda terlihat lebih Menarik?
Siapa pun Anda, Anda dapat membuat situs web yang tampak indah dengan mudah melalui Blogger. Jangan khawatir tentang awalnya, karena saya akan memberi Anda beberapa tip tentang cara membuat tampilan Blogger seperti sebuah situs web.

Cara Membuat Situs Blogger Agar Menarik Pengunjung : 7 tips untuk Menyesuaikan Blogger

Ngeblog dengan Blogger
Ketika Anda berpikir tentang blogging, hal pertama yang muncul di benak Anda adalah WordPress. Ini bisa dimaklumi karena setidaknya 37 juta situs web menggunakan WordPress.

Sayangnya, beberapa orang berpikir bahwa WordPress.org tidak memenuhi tujuannya sebagai CMS yang sepenuhnya ramah pengguna. Bagi sebagian orang yang membutuhkan lebih banyak alternatif langsung, itu tidak berhasil.

Jangan khawatir, karena ada solusi untuk masalah ini - Blogger.
Ada beberapa alasan mengapa Blogger merupakan alternatif yang baik untuk WordPress. Ini memiliki proses pengaturan dan pendaftaran yang cepat. Setelah Anda mendaftar, Anda dapat mulai menulis konten Anda segera, Cara Lengkap Membuat Link Berkedip Warna Warni Di Blog

Kepemilikan Blogger dialihkan ke Google saat membeli Pyra Labs pada tahun 2003. Berada di bawah kepemilikan Google berarti Blogger terintegrasi dengan produk mereka yang lain. Anda dapat berbagi ruang dengan Gmail dan Google Drive. Foto Anda juga disimpan di Google Foto.
Yang lebih baik lagi, Anda tidak perlu membayar ekstra untuk hosting. Google menghosting Blogger di server Google sendiri.

Anda juga tidak perlu khawatir tentang keamanan. Semuanya diurus oleh sistem pendukung. Selain itu, Anda akan mendapatkan banyak fitur dari Blogger secara gratis!
Satu-satunya kelemahan Blogger adalah tata letaknya. Desainnya polos dan minimalis. Untungnya, Anda selalu dapat menyesuaikannya.

Untuk menyesuaikan tata letak situs Blogger Anda, buka setelan Tema di dasbor Anda dan klik Customize.

Cara Membuat Situs Blogger Agar Menarik Pengunjung : 7 tips untuk Menyesuaikan Blogger

Blogger akan membawa Anda ke bagian temanya. Pergi ke Advance, gulir ke bawah klik Add CSS. Masukkan kode di tempat yang tersedia, dan tekan Apply to Blog. Semudah itu!
Jangan khawatir tentang membuat CSS khusus. 

Ada banyak lembar CSS gratis untuk tema Blogger yang beredar di internet. Google pasti akan membantu menemukan sesuatu yang Anda sukai.

Cara Membuat Situs Blogger Agar Menarik Pengunjung : 7 tips untuk Menyesuaikan Blogger

Jika Anda membutuhkan platform sederhana untuk situs web Menarik yang tidak memerlukan kumpulan fitur yang besar - Blogger benar-benar hebat. 

Berikut beberapa langkah cara membuat website Yang Menarik Pengunjung menggunakan Blogger:
Untuk membantu Anda membuat situs Blogger yang tampak Menarik Pengunjung dan menakjubkan, saya telah memberikan 7 tip untuk Anda di bawah ini: 

  • Beli Nama Domain

Saat Anda mendaftar ke Blogger, blogger akan memberi Anda alamat situs web yang memiliki subdomain tambahan - blogspot.com. Misalnya, jika Anda ingin myblogginglife sebagai alamat situs Anda, maka akan muncul sebagai myblogginglife.blogspot.com.

Menggunakan subdomain tidak terlalu Menarik Pengunjung, dan menunjukkan bahwa Anda tidak bersedia berinvestasi dalam blog Anda. Oleh karena itu, Anda harus menghapus subdomain Blogger.
Anda dapat menghapus subdomain dengan membeli domain dari registrar seperti Hostinger. Periksa ketersediaan domain Anda, beli, dan Anda sudah siap.

Anda dapat menambahkan domain yang baru Anda beli dengan mudah dengan membuka Pengaturan -> Dasar/ Basic. Di sana Anda akan menemukan opsi domain di bawah bagian Publish.

Cara Membuat Situs Blogger Agar Menarik Pengunjung : 7 tips untuk Menyesuaikan Blogger


Klik Siapkan URL pihak ketiga untuk blog Anda, dan Blogger akan memberi Anda opsi untuk mengedit domain. Setelah selesai, tekan Simpan.

  • Buat Logo dan Favicon Anda Sendiri

Logo adalah cara lain untuk menampilkan merek dan identitas Anda. Produk Anda, visi, misi Anda - logo harus dapat menampilkan semuanya. Jika Anda membuat logo perwakilan, itu akan membantu menonjol di antara yang lain.

Ada cara untuk membuat logo Anda tanpa mengeluarkan uang sepeser pun. Opsi pertama adalah Zyro Logo Maker; itu adalah alat yang sepenuhnya gratis. Opsi kedua adalah SoThink Logo Maker Professional. Ini menawarkan uji coba gratis 30 hari untuk pengguna baru.

Setelah Anda membuat logo, Anda dapat menempatkannya di mana pun Anda suka. Namun, ada tempat di mana Anda harus meletakkan logo - itu disebut favicon.

Layout

Favicon adalah ikon yang terletak di sebelah kiri nama situs web Anda seperti yang ditunjukkan pada tangkapan layar di atas. Menambahkan favicon adalah detail kecil yang bagus yang tidak boleh diabaikan. Ini menunjukkan bahwa Anda benar-benar peduli dengan tampilan situs web Anda, dan membantunya menonjol di antara banyak tab browser.

Ukuran satu favicon tidak boleh lebih dari 100 KB, antara 50 KB sampai 100 KB sudah cukup.

Menambahkan favicon sangatlah mudah. Pertama Pergi ke bagian Tata Letak/Layout di dasbor Blogger Anda. Opsi favicon terletak di atas-atas. Klik Edit di bagian Favicon.

Layout

Blogger akan membawa Anda ke tab baru. Di sana, unggah ikon yang Anda inginkan. Setelah mengklik Simpan, Blogger akan menyegarkan dirinya sendiri, dan favicon Anda akan muncul.

  • Sesuaikan Template Anda

Template adalah jawaban Blogger untuk tema WordPress - menentukan bagaimana situs web Anda ditampilkan di internet.

Meskipun Blogger memiliki tema defaultnya sendiri, karena ini adalah template dasar, Anda harus menyesuaikannya sampai batas tertentu. Warna utama template Anda, tampilan utama, dan aspek terkait template lainnya juga mewakili Tampilan yang menarik pengunjung ke blog Anda. Semakin unik template Anda, semakin berkesan bagi audiens Anda.

Tentu saja, Anda tidak boleh melupakan kemudahan penggunaan. Anda perlu memastikan bahwa pengguna dapat menjelajahi situs web Anda dengan lancar, tanpa perlu berhenti dan memikirkan di mana sesuatu mungkin berada.

Ada beberapa tempat di mana Anda bisa mendapatkan template Blogger - Template Blogger, WebLyb, Colorlib, dan Theme Forest, untuk beberapa nama. Di sana Anda akan menemukan opsi gratis dan premium untuk Anda pilih.

Pengeditan template dapat dilakukan dengan dua cara - CSS atau HTML. Karena saya menyebutkan cara mengelola tema melalui CSS sebelumnya, saya akan membantu Anda mengedit template melalui HTML.

Pertama, buka bagian Tema, tekan Edit HTML. Blogger kemudian akan memberi Anda area untuk memasukkan kode HTML. Setelah selesai, tekan Simpan Tema dan selesai.

Cara Membuat Situs Blogger Agar Menarik Pengunjung : 7 tips untuk Menyesuaikan Blogger

  • Menambahkan Halaman Penting

Sekarang Anda telah menyesuaikan tata letak dan favicon situs web Anda, sekarang saatnya untuk beralih ke halaman.

Hal yang hebat tentang Blogger adalah memungkinkan Anda menambahkan hingga 20 menu di bawah tajuk Anda. Untuk situs web Menarik, Anda memerlukan beberapa halaman statis. Selain itu, menu dapat digunakan sebagai jalan pintas untuk mengakses halaman statis tersebut.
Untuk membuat situs web Menarik, Anda harus memiliki halaman yang diperlukan - Beranda, Tentang, FAQ, dan Kontak.

Beranda adalah tampilan utama situs web Anda. Inilah yang pertama kali dilihat orang saat Orang membuka situs Anda.

Sementara itu, About adalah tempat Anda dapat memperkenalkan sejarah, visi, misi, dan - tentu saja - produk Anda sendiri. Jika Anda melakukan pencitraan merek pribadi, halaman tersebut digunakan untuk menceritakan riwayat Anda.

FAQ (Pertanyaan yang Sering Diajukan) digunakan untuk menjawab pertanyaan paling umum yang diajukan oleh pengguna. 

Jika pengguna ingin menanyakan hal-hal yang tidak ditampilkan di FAQ, Anda harus mengarahkan mereka ke cara menghubungi Anda. Bagian Kontak juga dapat disajikan sebagai halaman statis.

Setelah itu, Anda dapat menambahkan halaman lain yang relevan dengan niche Anda. Jika Anda seorang desainer, Anda dapat menambahkan halaman "Portofolio". Seorang penulis dapat membuat halaman "Daftar Cerita". Tambahkan halaman sebanyak yang Anda inginkan, selama relevan dengan fokus Anda.

Berikut adalah cara Anda menambahkan halaman ke situs Blogger Anda: 

Anda dapat membuat halaman Anda dengan membuka bagian Halaman/ Pages. Setelah Anda menulis konten Anda, tekan Publikasikan.

Cara Membuat Situs Blogger Agar Menarik Pengunjung : 7 tips untuk Menyesuaikan Blogger

Ada beberapa lokasi tempat Anda dapat menempatkan link ke halaman penting - yaitu menu atas, sidebar kiri, dan sidebar kanan.

Jika Anda ingin meletakkannya di atas, tekan Edit di bagian Menu Atas. Centang halaman yang Anda inginkan, dan Anda siap melakukannya.

Namun, jika Anda ingin meletakkan halaman di sidebar, klik Add a Gadget.

Cara Membuat Situs Blogger Agar Menarik Pengunjung : 7 tips untuk Menyesuaikan Blogger

Jendela pop-out akan muncul - tekan Halaman, di mana Anda dapat menandai halaman yang Anda inginkan. Klik Simpan, dan selesai!

  • Menambahkan Fitur yang Relevan

Ada fitur lain yang dapat Anda gunakan di Blogger seperti AdSense, tautan langganan, dan gadget lain yang ditemukan di bagian tata letak.

Anda juga bisa menambahkan tombol Paypal di website Anda jika ingin menjual produk. PayPal menawarkan berbagai jenis tombol yang dapat Anda tempelkan di bagian HTML / JavaScript melalui pengaturan Blogger dan tombol tersebut akan muncul di blogger.

Jika Anda memiliki media sosial yang terkait dengan situs web Anda, Anda dapat menambahkan tombol yang akan membawa pengunjung langsung ke platform. Beberapa perusahaan menawarkan widget media sosial otomatis seperti POWr.

Ingatlah untuk menggunakan widget dengan hemat. Tidak perlu membesar-besarkan situs Anda.

  • Optimalkan Situs Anda untuk Perangkat Seluler

Komputer bukan satu-satunya perangkat yang digunakan orang untuk membuka situs web saat ini. Sebuah studi pada tahun 2016 menyebutkan bahwa penggunaan internet seluler terus meningkat 16% dari tahun ke tahun. Ini membuat desain responsif menjadi suatu keharusan bagi setiap pembuat konten Menarik.

Desain responsif adalah praktik yang berfungsi untuk membuat situs yang tampak hebat dan berfungsi sempurna di semua jenis layar - dari desktop hingga ponsel.
Untungnya, Blogger memiliki bagian khusus untuk tata letak seluler. Itu terletak di bawah pengaturan Tema. Klik roda di bawah Seluler untuk mengedit tema seluler Anda.

Cara Membuat Situs Blogger Agar Menarik Pengunjung : 7 tips untuk Menyesuaikan Blogger

  • Gunakan tombol berbagi Kustom dan lacak melalui analitik

Tombol berbagi sosial umumnya digunakan untuk menghasilkan lalu lintas di situs web Anda. Anda menghabiskan banyak waktu untuk menulis konten yang bagus. Tombol berbagi sosial memberikan kemampuan kepada pengguna dan pengunjung Anda untuk berbagi konten hebat.

Anda dapat menggunakan tombol Social9 Social sharing yang memungkinkan Anda menyesuaikan tombol berbagi sesuai dengan tema dan analitik Anda sehingga Anda dapat melacak URL Anda.
Anda dapat melakukan hanya satu klik pengaturan untuk menginstal tombol cantik di situs web Anda.

Selamat, Anda berhasil! Anda sekarang dapat membuat situs web Yang Menarik Pengunjung melalui Blogger. Bagaimanapun, integrasi Blogger dengan Google menawarkan banyak fitur. Anda dapat mengatur dan menguasainya dengan lebih mudah daripada platform lainnya.


Berikut beberapa langkah cara membuat website Yang Menarik Pengunjung menggunakan Blogger:

  1. Beli nama domain. Gunakan domain Anda sendiri, bukan subdomain Blogger.
  2. Buat logo dan favicon Anda sendiri. Buat logo yang mewakili identitas dan merek Anda. Setelah itu, Anda bisa menggunakan logo tersebut sebagai favicon.
  3. Sesuaikan template Anda. Gunakan template yang paling sesuai dengan niche Anda. Pastikan templatnya menonjol.
  4. Tambahkan halaman yang penting. Buat halaman penting untuk situs Menarik Anda.
  5. Tambahkan fitur tambahan. Tambahkan fitur tambahan dan ikon media sosial jika Anda membutuhkannya.
  6. Optimalkan situs Anda untuk perangkat seluler. Sesuaikan tema Anda agar terlihat dan berfungsi dengan baik di perangkat seluler.
  7. Gunakan tombol berbagi Kustom dan lacak melalui analitik. Tambahkan tombol berbagi sosial untuk pertumbuhan situs web.

Jika Anda ingin membuat situs web Yang Menarik Pengunjung, mengapa tidak memulainya secepat mungkin? Semoga tips ini membantu Anda!


#buttons=(Accept !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top